Nama          :  Dinda Aulia Azzaroh
Nim             :  01219048
Kelas          :  A

PENGERTIAN MANAJEMEN










Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Fungsi – fungsi manajemen adalah universal. Fungsi – fungsi manajemen adalah sama dimana saja dalam seluruh organisasi dan pada waktu kapan saja. Ada tiga alasan utama diperlukannya manajemen :
1.      Untuk mencapai tujuan ( tujuan organisasi dan pribadi )
2.      Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan – tujuan yang saling bertentangan
3.      Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas

Efisiensi adalah kemampuan menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Seorang manajer efisiensi adalah seorang yang mencapai keluaran yang lebih tinggi ( hasil, produktivitas, performance ) dibandingkan masukan – masukan ( tenaga kerja, bahan, uang, mesin, dan waktu ) . Dengan kata lain, manajer meminimumkan biaya penggunaan sumber daya untuk mencapai keluaran yang telah ditentukan dan dapat memaksimumkan keluaran dengan jumlah masukan yang terbatas.

Efektivitas adalah kemampuan  untuk memilih tujuan yang tepat untuk pencapaian yang telah ditetapkan. Manajer efektif dapat memilih pekerjaan yang harus dilakukan atau metoda ( cara ) yang tepat untuk mencapai tujuan.


Manajemen merupakan ilmu pengetahuan juga dalam arti bahwa manajemen memerlukan disiplin ilmu pengetahuan dalam penerapannya, ilmu  ekonomi, statistik, akutansi, dsb. Manajemen terlibat dalam pengorganisasian dan memimpin perusahaan         ( bisnis ) , tetapi tidak mencakup kepemilikan. Manajer dapat menjadi wiraswasta, dan wiraswasta dapat pula menjadi manajer.


#bangganarotama
#narotamajaya
#thinksmart
#generasiemas
#suksesituaku
#febisnismudanarotama

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

UAS ETIKA BISNIS