Nama : Dinda Aulia Azzaroh
Nim : 01219048
Kelas : A
PENGERTIAN MANAJEMEN
Manajemen adalah proses
perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha para anggota
organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi agar mencapai tujuan yang
telah ditetapkan.
Fungsi – fungsi
manajemen adalah universal. Fungsi – fungsi manajemen adalah sama dimana saja
dalam seluruh organisasi dan pada waktu kapan saja. Ada tiga alasan utama
diperlukannya manajemen :
1. Untuk
mencapai tujuan ( tujuan organisasi dan pribadi )
2. Untuk
menjaga keseimbangan diantara tujuan – tujuan yang saling bertentangan
3. Untuk
mencapai efisiensi dan efektivitas
Efisiensi adalah
kemampuan menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Seorang manajer efisiensi
adalah seorang yang mencapai keluaran yang lebih tinggi ( hasil, produktivitas,
performance ) dibandingkan masukan – masukan ( tenaga kerja, bahan, uang,
mesin, dan waktu ) . Dengan kata lain, manajer meminimumkan biaya penggunaan
sumber daya untuk mencapai keluaran yang telah ditentukan dan dapat
memaksimumkan keluaran dengan jumlah masukan yang terbatas.
Efektivitas adalah
kemampuan untuk memilih tujuan yang
tepat untuk pencapaian yang telah ditetapkan. Manajer efektif dapat memilih
pekerjaan yang harus dilakukan atau metoda ( cara ) yang tepat untuk mencapai
tujuan.
Manajemen merupakan ilmu pengetahuan juga dalam arti bahwa
manajemen memerlukan disiplin ilmu pengetahuan dalam penerapannya, ilmu
ekonomi, statistik, akutansi, dsb. Manajemen terlibat dalam pengorganisasian
dan memimpin perusahaan ( bisnis ) , tetapi tidak mencakup kepemilikan. Manajer
dapat menjadi wiraswasta, dan wiraswasta dapat pula menjadi manajer.
#bangganarotama
#narotamajaya
#thinksmart
#generasiemas
#suksesituaku
#febisnismudanarotama
Nuhun
BalasHapus